Sabtu, 12 November 2011

One Piece (Chapter 459: Death isn’t an Apology)

1

 
“Death isn’t an apology”
“Mati bukanlah sebuah permintaan maaf”
-Brook-

Salam blogging kawan-kawan. Beberapa waktu yang lalu ane sempet baca tentang adat harakiri di Jepang. Serem juga ya gan, cuma gara-gara kegagalan atau kesalahan kecil yang sedikit memalukan udah pada maen bunuh diri aja tuh orang-orang. Padahal sayang lho, orang Jepang terkenal cakep-cakep karena mata sipitnya. Hihihi. But seriously, buat agan-agan sekalian yang belum tau coba browse mengenai adat harakiri di mbak Google, beneran serem lo gan.

Nah... Di komik One Piece, salah satu komik favorit ane nih diajarin bahwa bunuh diri itu nggak sama ama minta maaf. Ceritanya Brook, salah satu crew dari Rumba Pirates meninggalkan seekor anak paus cerdas benama Laboon di jalan karena perjalanan berikutnya akan sangat berbahaya buat tu anak paus, kan dia masih kecil tuh, dan mereka janji bakalan balik lagi n main-main sama Laboon lagi. Tapi ternyata Rumba Pirates mati di tengah jalan dan tinggal Brook yang masih hidup. Udah lewat 50 tahun Brook terombang-ambing di laut nggak bisa balik ke tempatnya Laboon, tapi dia tetep pegang tu janji, karena bagi dia mati bukanlah sebuah permintaan maaf.

Menurut ane, bunuh diri cuma menghasilkan simpati doank. Mungkin dengan bunuh diri TSB orang-orang memaafkan kita, tapi dimaafkan karena bunuh diri dan dimaafkan karena minta maaf ya beda jauh kan gan? Meminta maaf menunjukkan keberanian kita untuk mengakui kesalahan dan tekad untuk memperbaikinya, sedangkan bunuh diri malah menunjukkan bahwa kita takut sehingga kita harus bunuh diri untuk lari dari kesalahan TSB.

Makanya bro, please dech jangan pernah berpikir buat bunuh diri, karena bunuh diri mengakibatkan penyakit “tidak-bisa-memperbaiki-kesalahan” dan “tidak-bisa-meminta-maaf” (ya eyalah wong udah mati kok :P), padahal dua hal itu kan yang paling penting dilakukan saat kita membuat kesalahan.

Nggak ada manusia yang sempurna di dunia ini gan, cuma Tuhan yang sempurna. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, cuma cara menyikapinya aja yang beda-beda pilihannya. Tapi jangan pilih bunuh diri dech, percayalah selama kita masih hidup pasti kita punya kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Oke gan? Okehhhhhhh. Baca juga donk komiknya biar tau cerita fullnya, recomended banget nich gan. Wkwkwk

Well, thanks for reading. ^_^

1 komentar:

Ahmad MAuLana Da'smaD_AV 18 mengatakan...

seepp....

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting