Kamis, 27 Agustus 2009

Main Equipment

2

Pertama kali menginjakkan kaki di rumahmu kamu akan menemukan sebuah kotak peralatan yang berisi cangkul, kapak, alat penyiram, sabit, dan palu. Alat-alat tersebut adalah default equipment yang kamu butuhkan untuk berkebun. Seiring berjalannya waktu maka akan semakin banyak peralatan yang dapat kamu miliki, tergantung kondisi keuanganmu tentunya. Namun jika kamu mengatur keuanganmu dengan baik dalam satu tahun saya yakin kamu bisa memiliki semuanya.

Pertama, saya jelaskan dulu mengenai lima main equipment di atas.

1. Cangkul
Digunakan untuk meratakan tanah sebelum kamu menebar bibit. Jika kamu menebarkan bibitnya sebelum dicangkul maka, voila!!! Bibitnya langsung hilang (oh no!!!). Saya juga sering melakukan hal ini tanpa sengaja dan rugi banyak (hikz-hikz). So, watch out beybeh!!! Selain itu cangkul juga bisa digunakan untuk menambang logam di dalam gua. Pretty usefull huh?

2. Alat penyiram
Digunakan untuk menyirami tanamanmu. Berbeda dengan dunia nyata yang memerlukan pupuk, disini kita cuma perlu menyiraminya saja dan tanaman kita akan tumbuh dengan baik. Alami banget ya? Well, tapi jika kamu lupa menyirami tanamanmu maka pertumbuhannya akan berhenti. I mean it, So jangan lupa ya...

3. Sabit
Untuk membersihkan rumput liar yang mengotori kebunmu dan memotong rumput yang kamu tanam untuk pakan ternak. Satu hal yang perlu kamu perhatikan. NEVER USE IT ON YOUR ANIMALS karena hal itu akan membuat mereka membencimu. Tanpa sengaja saya pernah melakukannya terhadap anjing saya dan kehilangan 2 of its hearts at once!!! Juga jangan gunakan sabit untuk memotong tanamanmu karena dia akan bernasib sama seperti rumput-rumput liar. Disappear without any trace left... (aneh juga ya?)

4. Palu
Untuk memecahkan batu-batu yang mengganggu pemandangan kebunmu. Khusus batu besar dan batu karang tidak bisa dipecahkan dengan palu level satu.

5. Kapak
Digunakan untuk memotong dahan-dahan yang berserakan di kebunmu menjadi kayu. Sayangnya, dahan besar juga hanya bisa dipotong oleh kapak level tinggi.


Diskusi tentang artikel ini :

1. Level??? (What the heck is that?!)
Well, sejujurnya saya juga heran kenapa ada sistem "level up" pada game Harvest moon. Whatever, yang jelas peralatan di atas bisa naik level sampai level empat. EXP alat-alat tersebut bisa dilihat di start menu. Jika alatmu sudah mencapai EXP 100% maka alat tersebut bisa di-upgrade menjadi level 2, EXP 200% menjadi level 3, EXP 300% menjadi level 4, dan EXP 400% menjadi highest level. Semakin tinggi level peralatanmu maka semakin bagus juka pekerjaan yang akan dihasilkannya.

2. Gimana caranya meningkatkan EXP alat-alat tersebut?
Cukup mudah. Tinggal pakai saja dan EXPnya akan bertambah sendiri. Sama seperti game-game RPG, tinggal bertarung saja dan EXP akan didapatkan.

3. Koq levelnya g naik? Masih gitu-gitu aja dech.
Ya eyalah nggak naik. Ingat game FFX? Kamu harus mengisi sphere grid dulu baru skillmu meningkat. Disini juga begitu bro. Ada "some things" yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan skill peralatanmu selain EXP.

4. Apa yang harus dilakukan?
Setelah EXPmu mencukupi, akan muncul gambar logam di bawahnya. So, yang harus kamu lakukan adalah menambang logam yang diperlukan di goa di belakang air terjun dan membawanya kepada Saibara si pandai besi. Tentu saja kamu harus bayar untuk itu. Pegang logamnya di tanganmu dan equip alat yang ingin kamu tingkatkan di tanganmu lalu bicaralah kepada Saibara saat tokonya buka truz mintalah dia meningkatkan alatmu. Prosesnya akan memakan waktu tiga hari.

5. Kapan toko Saibara buka?
Dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Hari kamis tutup dech...

6. Buat apa sich meningkatkan level?
Sebenarnya g wajib sich, tapi semakin tinggi level peralatanmu semakin efisien pekerjaanmu. Misalnya alat penyiram yang level 1 hanya menyiram 1 petak per action, tapi jika level 4 maka dia bisa menyiram per action 9 petak sekaligus!!! Keren kan? Jadi tidak makan waktu banyak. Efektif dan efisien.

7. Hebat!!! Truz, logam apa yang dibutuhkan dan berapa upah yang diminta Saibara?
Panjang nich penjelasannya....
Level 2: Perunggu (1000G)
Level 3: Perak (2000G)
Level 4: Emas (3000G)
Level 5: Mysterile-the blue thing- (5000G)

Kesimpulannya, proses meningkatkan level peralatan yaitu:
Meningkatkan EXP---> Menambang logam yang dibutuhkan---> Uangnya cukup---> Menunggu tiga hari---> Dikali 4 (karena ada 4 level hingga the highest level)

8. Repooooooooooooooooooooooooootnya................
Ya gitu dech... Makanya dibawah ini saya kasih hints bro!!!!!!!!

HINTS!!!!!

Menghemat pengeluaran untuk upgrade

Kamu tidak perlu meningkatkan peralatanmu per level karena jika EXPnya sudah mencapai 400% (maksimal) maka kamu bisa langsung meloncat ke level lima tanpa harus repot-repot meningkatkan levelnya satu-satu. Lebih hemat kan? So, pakai peralatanmu hingga EXPnya mencapai 400%, truz baru di-upgrade dech!!!


Healing Magic

Ingat magic cure, cura, dan curaga untuk memulihkan luka di FF? Di Harvest Moon juga ada!!!Jika karaktermu kebanyakan bekerja lalu kelelahan dan hampir pingsan, maka pergilah ke hot spring (pemandian air panas) yang ada sebelah kebunmu. Biarkan karaktermu mandi disana hingga kurang lebih satu jam dan dia akan segar kembali. (Not exactly a magic but, it restore you as well) Wehehe


Super fast EXP up

Pada kali pertama kamu menginjakkan kaki di rumahmu, Langsung gunakan alatmu terus menerus hingga EXPnya mencapai 400%. Tenang, kamu TIDAK AKAN PINGSAN (seharusnya kamu akan pingsan karena terus menerus menggunakan peralatan tanpa istirahat) karena game mengharuskan kamu untuk bertemu dengan Bapak Kades di luar rumahmu yang akan mengajakmu berkeliling desa. Dengan begini kamu dapat meng-upgrade peralatanmu dengan cepat tanpa memakan tenaga. Tapi kamu harus sabar, saya menghabiskan waktu lebih dari setengah jam bermain hanya untuk proses ini. But that's worth it!!! Tapi ingat,,, once the event ends segera pergi ke hot spring untuk mengistirahatkan badanmu. Jika tidak kamu akan langsung pingsan walaupun hanya mengayunkan peralatanmu satu kali. Trik ini berlaku untuk semua main equipment kecuali alat penyiram yang harus diisi air terlebih dahulu baru bisa digunakan.

Membersihkan rumput liar tanpa menguras tenaga

Pada dasarnya, untuk membersihkan rumput liar kita harus menggunakan sabit. Namun saya menemukan cara yang lebih baik (walaupun memakan lebih banyak waktu) yaitu dengan metode pick and drop. Ambil rumput liar dan lepaskan. It'll disappear just like using the sickle.


Avoiding the oversleep

Sering bangun kesiangan? Itu tandanya kemarin kamu terlalu kelelahan sehingga tidurnya pun balas dendam. Wehehe. Di Harvest Moon juga gitu coy, jika karaktermu terlalu lelah maka dia akan bangun kesiangan. Bahkan kadang-kadang baru bangun jam 12 siang (gila banget tidurnya). Tentu sangat merugikan bukan? So, untuk menghindarinya, sebelum tidur masuk dulu kedalam hot spring selama kurang lebih 40 menit dan karaktermu akan bangun tepat waktu.


That's all for now beybeh!!! Selanjutnya akan saya jelaskan mengenai peralatan yang lainnya. See you next time and salam go green!!!


2 komentar:

Tukang Pacul mengatakan...

Bos... ane mau ningkatin EXP Palu yg saat ini udah jadi level 2 (Perunggu), tapi batu-batu besar di ladang dah habis, tinggal bberapa batu kecil untuk dijadikan pagar, dan yg tersisa sekarang adalah batu-batu karangnya (karena belum bisa dihancurin pake palu level 2)...

Saat ini ane dah masuk musim Winter... ada trik biar EXP Palunya bisa nambah secara cepat gak Bos? Atau paling gak, ane bisa ningkatin EXP Palunya tanpa harus pingsan gitu...?

Rifqi Hidayat mengatakan...

setau ane g ada gan. cara pintas satu2 x buat ningkatin exp y cuma waktu hari pertama doank,
solusinya y gni z, k gunung n mecahin batu2 yg ada disana -seadanya-, atau ayun2 z di goa sampe hampir pingsan, truz langsung k kolam buat refresh.
kira2 gtu z gann. ^_^

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting