Senin, 15 Oktober 2012

Complain

0


"In this world, those who aren’t skilled enough tend to complain more."
"Di dunia ini, mereka yang berkemampuan rendah cenderung untuk mengeluh lebih banyak dari yang lain."
(Kakashi, Naruto episode 004)


Ada banyak sekali sifat-sifat alamiah yang menempel pada manusia. Sebagiannya baik, dan sebagian lagi buruk. Tuhan menciptakan sifat-sifat buruk tersebut untuk menguji manusia, apakah ia memilih untuk menyatu di dalam kebaikan, ataukah malah menceburkan dirinya dalam lautan keburukan yang hitam.

Sebagian menyalahkan Tuhan, mengapa Tuhan menciptakan keburukan, mengapa Ia tidak menciptakan yang baik-baik saja. Saya rasa itu pertanyaan yang sangat salah, karena seharusnya manusia bertanya kepada dirinya sendiri, kok mau-maunya ia memilih yang buruk. We are free to choose, dan bukankah mereka sendiri yang memilih untuk berkecimpung dalam keburukan tersebut?

Well, I’m not in a position to judge others anyway, so.. Salah satu sifat buruk-alamiah manusia adalah, ia suka mengeluh, kita suka mengeluh. Mengeluh itu definisi gampangnya yaitu, jika tertimpa suatu masalah atau berhadapan dengan suatu ujian, alih-alih menyelesaikannya, kita malah bertanya: “Kok gini sih? Gitu sih? Damn!”, dan sejenisnya.

Kakashi bilang, manusia cenderung mengeluh karena kekurang-mampuannya mengatasi masalah atau ujian yang ia hadapi. Namun kali ini saya berbeda pendapat. Menurut saya, mengeluhnya manusia cuma disebabkan oleh asumsinya saja, bahwa ia tidak mampu mengatasi masalah atau ujian tersebut. Padahal
Tuhan sudah berjanji, bahwa manusia tidak akan diuji diluar batas kemampuannya.

Lantas, bagaimana cara menghindari, atau meminimalisir sifat buruk ini? Gampang, cukup satu kata: SYUKUR.

Percayalah, di luar sana masih banyak yang lebih sial dari anda. Hari ini anda tidak bisa makan? Well, di luar sana ada jutaan orang yang hidup berhari-hari tanpa makan. Anda pusing mengerjakan tugas sekolah? Lihat, ada jutaan anak disana menangis karena tidak punya uang untuk sekolah.

So, jika sudah begini, apa lagi yang bisa kita keluhkan? :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting